Tempat Wisata

16 Tempat Wisata di Balikpapan yang Sering Dikunjungi

Gunung DubsSite: Supardi.blog.sohu.com

Tempat wisata di balikpapanBalikpapan adalah sebuah nama Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota Balikpapan memiliki ujmlah pendudukan mencapai kurang leih 735.850 jiwa, yanga mana merupakan hampir 22% dari penduduk Kalimantan Timur. Tapi, tahukah kamu bahwa hidup di Balikpapan sangat mahal ? Bahkan lebih mahal dari biaya hidup di ibukota, Jakarta. Ya, hal ini disebabkan tingginya harga barang di Kota yang memiliki sebutan kota minyak itu. Tapi eh tapi, kota yang juga memiliki logo beruang madu ini mempunyai tempat wisata sangat menarik untuk dikunjungi, loh. Gak percaya ? Coba deh scroll-scroll lagi ke bawah!

Pantai di Kalimantan

Pantai Kemala

Pantai Kemala
Instagram : @rivaldi_nugraha

Sebagai pembuka artikel, pantai yang wajib kamu kunjungi ketika travelling ria ke Balikpapan adalah Pantai Kemala atau biasa disebut sebagai pantai Polda. Iya, Polda. Pantai Kemala ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena pasirnya yang putih juga indah. Sangat asik apabila kamu main air sama kerabat atau keluarga kamu di sini. Airnya jernih, loh.

Lokasi pantai ini berada di pusat kota Balikpapan, yakni di Jalan Sudirman. Kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi tidak perlu khawatir ketika ingin berkunjung ke Pantai Kemala (Pantai Polda) ini, karena banyak kendaraan umum seperti angkot nomor 03 yang sliweran dengan rute deket ke Pantai Kemala. Tarif naik angkot cukup murah kok, hanya Rp 3000 saja. Rutenya di Terminal Batu Ampar-Pelabuhan Semayang.

Kamu tinggal bilang turun di RS Bhayangkara saja, sebab jalan masuk menuju pantai berada di sebelah rumah sakit itu. Untuk biaya masuk Pantai Kemala sangat murah hanya Rp 1.000 per pejalan kaki.

Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
Site : Soktau.com

Pantai di Balikpapan kedua yang patut kamu kunjungi adalah Pantai Manggar Segara Sari. Jika ke sini dengan harapan pantai sepi pengunjung, kami sarankan dating ketika weekday saja, karena pasti sangat riuh wisatawan jika memasuki hari weekend.

Pasir di pantai ini terkenal sangat lembut, serta pantainya yang luar dan tidak begitu dalam menjadi daya tarik sendiri. Di pinggir Pantai Manggar Segara Sari terdapat banyak sekali warung makan dengan kuliner menggoda, bahkan ada yang menyajikan makanan khas Balikpapan, loh.

Tidak cuma bermain air saja ketika kamu mengujungi Pantai Manggar Segara Sari ini, pasalnya terdapat banyak wahana seru seperti bermain bola, layang-layang, jet ski, volley pantai, bersepeda, hingga banana boat. Tapi jika kamu hanya ingin bersantai juga bisa kok, karena di sekitar pantai terdapat pepohonan yang rindang untuk digunakan bersantai di pantai.

Biaya masuk pantai Manggar Segara Sari sama seperti masuk di Pantai Kemala, yakni hanya Rp 1.000 per orang. Jika kamu membawa kendaraan seperti motor akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 15.000.

Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Melawai Balikpapan
Instagram : @jimen_ajah

Di urutan nomor tiga ada nama Pantai Melawai Balikpapan. Pantai ini kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin mencari gambar dengan background sunset indah. Ya, sebab itulah keunggulan dari pantai ini. Kamu bisa melihat indahnya sunset dari pantai Melawai ini. Lokasi pantai ini bersebalahn dengan Pantai Kemala, kok, tidak jauh.

Pantai Lamaru Balikpapan

Pantai Lamaru Balikpapan
Instagram : @risdiantanto

Terakhir adalah Pantai Lamaru Balikpapan. Memiliki pemandangan yang indah, serta dihiasi dengan pohon cemara di bibir pantainya, menjadikan Pantai Lamaru ini memiliki suasana romantis. Kamu hanya perlu membayar Rp 2.000 saja untuk bisa masuk ke pantai ini. Tarif parkir roda dua sebesar Rp. 2.500, roda empat Rp 5.000, dan bus Rp 15.000. Pantai ini juga akan memberikanmu pemandangan sunset yang apik, loh.

Tempat Romantis di Balikpapan

Ke Balikpapan dengan pasangan, tapi kamu bingung mencari tempat romantis di Balikapapan ? Tidak usah gusar, tidak usah khawatir, selain memiliki Pantai yang apik, Balikpapan juga terkenal dengan tempat romatisnya, kok.

Gunung Dubs

Gunung Dubs
Site: Supardi.blog.sohu.com

Bukan, Gubung Dubs bukan gunung seperti Semeru, Rinjani dll, Gunung Dubs merupakan sebuah nama kawasan dataran tinggi yang berada di Balikpapan. Posisinya berada di kompleks perumahan Pertamina dekat kilang minyak. Dari Gunung Dubs kamu bisa melihat pemandangan kota yang romantis! Kami sarankan ke Gunung Dubs sore menjelang malam. Nikmati sensasi melihat kota Balikpapan dari sini, Bersama pasangan biar menambah kesan romantis.

Gunung Dubs dikelilingi dengan pepohonan rindang sehingga menambah suasana sejuk. Dari Gunung Dubs pula kamu bisa melihat sebuah drum besar tempat hasil kilang minyak Pertamina.

Pulau Segajah Balikpapan

Pulau Segajah Balikpapan
Instagram : rachmanwibi

Tempat romantis lain di Balikpapan yang kami rekomendasikan ialah Pulau Segajah. Pulau ini sangat indah, saying sekali jika kamu lewatkan. Lokasi pulau Segajah Balikpapan berjarak sekitar 250 km dari kota Balikpapan. Mohon diperhatikan  bahwa Pulau Segajah hanya bisa dikunjungi siang hari saja.

Kenapa kok cuma siang hari ? Karena pulau ini akan hilang ketika malam hari. Jika perlu juga perhatikan keadaan air laut, pastikan dalam kondisi surut.

Pulau Segajah memiliki pemandangan yang indah, seru jika dinikmati Bersama pasangan. Kamu bisa mandi, bermain pasir, renang, hingga menyelam di Pulau Segajah Ini. Airnya sangat jernih sehingga kamu bisa melihat indahnya bawah laut.

Alamat Pulau Segajah : Kelurahan Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kaltim.

Rute : Naik bus kota dalam Provinsi menuju ke pelabuhan Bontang Kuala. Sewa perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru
Instagram : @nolekkk

Terakhir, kamu bisa mengajak pasanganmu ke Danau Cermin Lamaru. Tempat ini menawarkan keindahan dari airnya yang jernih dan tenang. Danau Cermin Lamaru adalah hasil urukan tanah proyek yang ditinggalkan, tempatnya ada di Jln. Rawamangun, Balikpapan Timur.

Saking jernih dan tenangnya, Danau Cermin Lamaru sudah seperti kaca yang habis dibersihkan. Apalagi ketika siang hari, sinar matahari yang menimpa permukaan air menjadikan danau ini memantul. Bersantailah sejenak bersama pasangan di Danau Cermin Lamaru. Ambilah beberapa foto keren di tempat ini, pasti tidak akan sulit, kok. Sebab tempatnya sudah sangat indah!

Wisata Malam Balikpapan

Taman Bekapai

Taman Bekapai
Site : kaltim.prokal.co

Di Balikpapan terdapat sebuah taman bernama Taman Bekapai. Letak taman ini di pusat kota Balikpapan dan merupakan taman utama atau ikon Balikpapan. So, wajib banget kamu kunjungi untuk bersantai setelah seharian berwisata di Balikpapan gitu loh. Di tengah Taman Bekapai terdapat monument berbentuk abstrak yang dikelilingi pancaran air dan cahaya lampu yang menyerupai pancuran minyak bumi. Taman Bekapai merupakan salah satu produk wisata andalan di kota Balikpapan untuk kamu singgahi, guys.

Ruko Bandar

Ruko Bandar
Site : tempatwisataseru.com

Sebagai tempat yang memiliki banyak tempat wisata, Balikpapan juga memiliki ragam kuliner yang enak-enak. Jika kamu ingin mencoba kuliner di Balikpapan, pusatnya ada di Ruko Bandar. Lokasinya di Jln. Sudirman, Balikpapan. Konsep Ruko Bandar seperti pujasera yang terdiri dari banyak resto serta cafe.

Alamat Rumah Adat Balikpapan

Alamat Rumah Adat Balikpapan
Site: blog.traveilsh.net

Kurang afdol rasanya jika berkunjung ke Balikpapan tapi belum mengunjungi rumah adat Balikpapan. Rumah adat ini memiliki nama Rumah Panjang atau Rumah Bentang yang dihuni oleh banyak keluarga. Setidaknya ada 10 rumah tangga yang menghuni rumah Panjang ini. Rumah adat Balikpapan ini konon bisa dihuni oleh lebih dari serratus orang, loh. Keren kan! Kamu juga bisa sekalian belajar sejarah ketika berkunjung di tempat ini.

Tempat Nongkrong di Balikpapan

D’Allium Coffee Cafe

D’Allium Coffee Cafe
Site : tripadvisor.co.id

Tempat nongkrong pertama adalah D’Allium Coffee Cafe yang menawarkan kopi sebagai menu utamanya. Segala jenis kopi ada di tempat ini. Sangat enaik menghabiskan waktu malam hari Bersama kerabat/pasangan sambal menyeruput kopi serta nyemil sepotong hamburger/kebab.

Lokasi cafe yang sering digunakan sebagai tempat nobar sepakbola ini berada di Balikpapan Regency Ruko W3 No. 1 Balikpapan.

Open House – Hill Cafe

Open House – Hill Cafe
Site : tripadvisor.co.uk

Hill Cafe merupakan sebuah tempat nongkrong di Balikpapan yang menawarkan pemandangan indah berkonsep citylights karena tempatnya berada di atas bukit. Di sekitar cafe ini kamu akan menjumpai tumbuhan-tumbuhan hijau yang menenangkan pikiran kamu.

Tempatnya berada di Jln. Puncak Markoni Atas 87-89. Open House – Hill Cafe sering kali memutarkan musik santai yang menentramkan hati, sangat cocok mengajak pasangan nongkrong di tempat ini.

Kuliner Balikpapan

Seperti yang sudah kami infokan di atas, bahwa Balikpapan adalah kota wisata yang memiliki banyak tempat keren dan kulinernya itu loh sangat enaaaak! Kalo kalian ke Balikpapan cobain kuliner ini, guys.

Kepiting Kenari

Kepiting Kenari
Instagram : @marthasherman

Kepiting Kenari adalah nama restoran yang berada di Jln Marsma R. Iswahyudi 04. Resto ini menyaijkan masakan khas Balikpapan yang berbahan dasar kepiting, seperti namanya. Di tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan kuliner lezat nan gurih.

Sup Konro BCA

Sup Konro BCA
Site : portalbalikpapan.com

Sup Konro BCA sudah terkenal seantero Balikpapan, guys. Kamu kudu bersabar karena harus antri panjang sebelum bisa mencicipi enaknya Sup Konro BCA ini. Lokasinya berada di gang yang cukup sempit ternyata tidak membuat tempat makan di Balikpapan ini sepi pengunjung.

Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu
Site : ksmtour.com

Jangan lupa untuk mencicipi Soto Banjar Kuin Abdhu yang kuahnya itu maknyus di mulut. Alamatnya di Jln. A. Yani Balikpapan, tempatnya sangat ramai jadi ya kudu bersabar untuk bisa menikmati Soto Banjar ini.

Bandeng Mania

Bandeng Mania
Instagram : @dapurbalikpapan

Ingin mencoba Bandeng yang dimasak dengan bumbu khas Balikpapan ? Datanglah di Bandeng Mania! Lokasinya di Jln. Praja Bhakti IV no. 3 (belakang kantor Dinas Perhubungan, Korpri).

Bandeng Mania menyajikan seekor Bandeng panas yang dilumuri sambel uleg kemangi di atas cobek, enak dan gurih banget guys!

Oleh Oleh Khas Balikpapan

Nah sekarang giliran kamu membawakan oleh oleh khas Balikpapan untuk teman/saudara kamu di rumah. Banyak pilihannya, berikut kami infokan yang paling populer dibawa pulang oleh para wisatawan.

Mantau khas Balikpapan

Mantau khas Balikpapan
Instagram : @noviarysandy

Jika kamu berpikir bahwa mantau adalah makanan khas Tiongkok, ya, memang benar, tapi mantau ada juga loh yang khas dari Balikpapan. Penasaran perbedaaannya apa ? Silakan datang langsung ke oleh oleh khas Balikpapan!

Mantau menjadi populer sebagai oleh oleh dari Balikpapan karena makanan ini sangat praktis dan yang penting adalah harganya sangat murah.

Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-Onde Ubi Ungu
Site : ondeondeunik.blogspot.com

Onde-onde sudah terkenal sebagai salah satu jajanan tradisional di Indonesia yang mana isinya adalah kacang hijau. Tapi bagaimana dengan onde-onde ubi ungu ?

Seperti namanya, isi dari makanan tradisional ini adalah ubi berwarna ungu yang sangat lezat. Sangat disayangkan apabila kamu ke Balikpapan tapi tidak membawa oleh oleh ini.

Bingka

Bingka
Instagram : @anggitasoraya

Bingka adalah jajan tradisional yang terbuat dari campuran kentang, susu, mentega, gula dan santan. Kue ini memiliki rasa yang enak serta lumer di mulut. Sayangnya, karena bingka merupakan kue basah jadi tidak bisa tahan lama, guys, beda dengan kue-kue lainnya.

Jadi, jika kamu memilih Bingka sebagai oleh-oleh namun perjalanan pulang kamu menghabiskan waktu yang lama, kami sarankan untuk langsung memakan Bingka ini saja di perjalanan daripada basi, hehe.

Batik Khas Balikpapan

Batik Khas Balikpapan
Site : balikpapan.prokal.co

Kamu penggemar batik ? Tentu harus memiliki batik khas Balikpapan! Motifnya simple yang dipadukan dengan motif asli suku dayak Balikpapan. Terlihat sangat elegan dan indah.

Apabila kamu menjadikan Batik Khas Balikpapan ini sebagai oleh-oleh, tentu kamu juga termasuk orang yang melestarikan budaya, loh. Rispek!

Leave a Reply

/* */
/* */